TKA, TPA, TQA


A.Pengertian TKA-TPA (Taman Kanak-kanak Al-Qur’an – Taman Pendidikan Al-Qur’an)

TKA-TPA adalah lembaga pendidikan non formal tingkat dasar yang bertujuan memberikan bekal dasar kepada anak-anak usia 4-6 tahun ( TKA) dan usia 7–12 tahun (TPA ) agar menjadi generasi Qur’ani, generasi yang sholih-sholihah, yang mampu dan gemar membaca, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
B.Pengertian TQA (Ta’limul Qur’an Lil Aulad)
TQA adalah lemnbaga pendidikan non formal sebagai kelanjutan dari TKA/TPA, yang bertujuan memberikan tambahan bekal bagi santri lulusan TKA/TPA atau anak-anak usia 5-14 tahun lainnya yang telah mampu membaca Al-Qur’an, sehingga mampu dan gemar membaca, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari serta mempunyai keterampilan khusus berupa hafal Juz ‘Amma dan memahami terjemahnya. Dalam hal ini, TQA dibedakan menjadi 3 jenjang, yaitu TQA Ula (dasar), TQA Wustho (menengah), dan TQA ‘Ulya (atas).
jenjangtpa
C. Tujuan
TKA-TPA-TQA, bertujuan menyiapkan terbentuknya generasi Qur’ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen dengan Al-Qur’an. Al-Qur’an dijadikan sebagai sumber perilaku, pijakan hidup dan tempat kembali segala urusan hidupnya. Hal ini ditandai dengan kecintaan yang mendalam terhadap al-Qur’an, mampu dan rajin membacanya, terus menerus mempelajari isi kandungannya, memiliki kemampuan yang kuat untuk mengamalkannya secara kaffah dalam kehidupan sehari-hari.
D. Masa dan Waktu Pembelajaran
Masing-masing jenjang brlangsung selama 1 tahun, yang terbagi dlam 2 semester. Tiap semester ada pembagian rapot. Dengan demikian, pendidikan Al-Qur’an ini berlangsung selama 4 tahun, yaitu :
- Tahun pertama : TKA-TPA
- Tahun kedua : TQA Ula
- Tahun Ketiga : TQA Wustho
- Tahun Keempat : TQA Ulya
Untuk TKA, pembelajaran minimal 5 kali dalm 1 minggu, tiap pertemuan minimal 60 menit. Sedangkan untuk TPA dan TQA, pembelajarannya minimal 3 kali dalam 1 minggu, ttiap pertemuan minimal 90 menit.
sumber:
Budiyanto, H.M., dkk. 2006. Panduan praktis pengelolaan TKA-TPA-TQA D.I. Yogyakarta, Kurikulum 2006. LDPQ Yogyakarta.

0 komentar: